Masuk Purna Tugas, Pemkot Serahkan THT Kepada 7  ASN

Kota Pekalongan- Wakil Walikota Pekalongan, H. Salahudin STP., menyerahkan Tunjangan Hari Tua (THT) kepada 7 Aparatur Sipil Negara (ASN) yang memasuki purna tugas per 1 Desember 2021. Turut hadir Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Pekalongan dan Kepala PT TASPEN Kota Pekalongan dalam kegiatan tersebut yang dilaksanakan di Ruang Jetayu Setda Kota Pekalongan, Jumat (26/11/2021). 

Setelah menyerahkan THT secara simbolis kepada para penerima, Walikota Pekalongan, Salahudin mewakili Pemkot Kota Pekalongan dan masyarakat mengucapkan rasa terima kasih sudah mengabdikan diri, pikiran, tenaga, waktu untuk masyarakat Kota Pekalongan. Tidak lupa Salahudin memohon maaf jika selama ini pembinaan dari Pemeritah Kota Pekalongan yang diberikan kepada mereka masih terdapat kekurangan. 

Dalam sambutannya, Salahudin menyampaikan motivasi kepada para ASN purna tugas bahwa apa yang mereka kerjakan selama berkerja dapat menjadi amal yang baik untuk kedepannya. “Semoga apa yang sudah dikerjakan selama ini dapat menjadi amal baik di kehidupan selanjutnya dan untuk masalah kecukupan ekonomi jangan khawatir karena Tuhan masih tetap dengan sifat yang sama jadi asal kita memperbaiki hubungan lebih baik kepada Tuhan, Tuhan pasti akan memberikan jalan rejeki dan rejeki kepada para umat-Nya”, ungkap Salahudin. 

Pada tahun ini ASN Kota Pekalongan yang purna tugas jumlahnya cukup banyak, menanggapi hal tersebut Salahudin menjelaskan bahwa meskipun sudah diadakan seleksi CPNS dan P3K untuk pemenuhan SDM masih ada kekurangan karena tidak semua pendaftar lolos Passing Grade sehingga tenaga-tenaga kegiatan masih diperlukan untuk memenuhi kebutuhan SDM tersebut. 

Sementara itu, Kepala BKPPD Kota Pekalongan, Ir. Anita Heru Kusumorini M.Sc menyampaikan penyerahan THT diberikan untuk tujuh orang, baik itu Guru maupun PNS yang ada di OPD Kota Pekalongan. Penerima THT yang akan purna tugas per 1 Desember 2021 diantaranya dari OPD Kelurahan Buaran Kradenan, Kelurahan Noyontaan Sari, Dinas Perhubungan, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Guru SD Sampangan 1, Guru SMP 14 dan Guru SMP 10. 

Anita menyebutkan pada pertengahan Tahun 2021 sudah ada sekitar 80 PNS yang purna tugas sehingga jika dikalkulasikan untuk Tahun 2021 jumlah PNS yang masuk purna tugas mencapai lebih dari 100 orang. Kemudian Anita menyebutkan untuk jumlah THT yang diberikan kepada para pensiunan rata-rata sekitar tujuh juta. 

Lebih lanjut, Anita menyampaikan selama pandemi pelatihan pembekalan untuk purna tugas ditiadakan karena kemampuan anggaran Pemerintah Kota Pekalongan lebih banyak dialokasikan untuk penangganan Covid-19 baik untuk masalah kesehatan, ekonomi maupun sosial. Namun untuk tahun ini para pensiunan mendapat pelatihan kembali karena PT TASPEN saat ini sudah bermitra dengan PT MANDIRI TASPEN dimana menyediakan pelatihan-pelatihan bagi para pensiunan. 

Setelah kegiatan tersebut selesai, Anita menyampaikan motivasi kepada para pensiunan untuk tetap semangat dan tetap berkarya agar dapat meberikan manfaat bagi banyak orang. “Selamat memasuki purna tugas semoga bisa mendapatkan waktu luang lebih banyak, lebih berkualitas untuk keluarga dan mudah-mudahan setelah purna tugas tidak berhenti berkarya baik itu mengembangkan hobi maupun juga mengembangkan bisnis dan kalau untuk mengembangkan bisnis itu kan harapannya juga akan memberikan multiplayer effect ekonomi untuk masyarakat di sekitarnya, termasuk menyediakan lapangan pekerjaan,” pungkas Anita. 

(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)